Rabu, 16 Mei 2012

Resensi

Judul         : Sherlock Holmes The Valley of Fear
Penulis      : Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit    : PT Gramedia Pustaka Utama
Isbn          : 9796867338
Terbit       : April 2002
Halaman   : 304 halaman
Ukuran     : 110x180x14 mm
Harga       : Rp 25.000,00

Edisi Sherlock Holmes kali ini menceritakan tentang lembah ketakutan yang merupakan sebuah lembah pertambangan bijih besi dan batu bara di distrik Vermissa. Buku ini menceritakan tentang sebuah ancaman pembunuhan terhadap John Douglas di Manor House, Desa Birlstone. Menurut saya buku ini adalah buku yang sangat unik karena memiliki alur cerita yang tidak biasa. Buku ini memiliki dua cerita yang saling berkaitan. Cerita pertama merupakan misteri pembunuhan dan cerita kedua adalah flashback yang merupakan penyebab dibunuhnya John Douglas. Cerita ini seperti memiliki prolog di belakang tetapi memiliki klimaks pada prolog tersebut.

Cerita ini berawal dari pesan dalam bentuk kode yang menginformasikan adanya ancaman pembunuhan terhadap John Douglas di Manor House. Seperti biasa, pembunuhan ini bukanlah pembunuhan biasa. Banyak hal aneh yang ditemui Sherlock Holmes di tempat kejadian sehingga membuat Sherlock Holmes berusahan menyingkap rahasia besar di balik pembunuhan itu, dengan motif yang berawal di Amerika.

Dengan ciri khas penyampaian Sir Arthur Conan Doyle membuat cerita ini menjadi menegangkan dan memiliki alur cerita yang tidak dapat ditebak. Sehingga membuat pembaca memiliki rasa penasaran untuk membuka halaman berikutnya. Bagian terbaik pada buku ini terletak pada bab 7 disaat McMurdo memberitahu siapa Birdy Edwards sebenarnya. Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca bagi Anda yang menyukai cerita fiksi detektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar