Kamis, 17 Mei 2012

Sales Promotion Girls

Sales Promotion Girls atau yang sering disebut SPG adalah seorang sales wanita yang bertugas menawarkan barang dan memberikan informasi kepada konsumen tentang barang tersebut. Sales Promotion Girls juga merupakan ujung tombak sebuah perusahaan dan memegang peran penting dalam meningkatkan penjualan perusahaan.

Sales Promotion Girls juga salah satu pekerjaan yang diminati mahasiswi karena memiliki waktu yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah. Bahkan ada juga yang hanya bekerja pada weekend saja. Saya termasuk salah satu mahasiswi yang pernah menggeluti pekerjaan tersebut. Penghasilan yang didapat sangat lumayan untuk menambah uang jajan dan menambah pengalaman.

Meskipun begitu pekerjaan SPG tidaklah mudah. Tidak semua pelanggan memiliki perilaku yang positif, terkadang ada juga pelanggan yang berperilaku kurang baik. Untungnya waktu itu saya hanya SPG susu kalsium yang biasanya memiliki peminat usia lanjut dan wanita. Saat itu saya juga diizinkan untuk memakai kerudung dengan pakaian yang sopan sehingga tidak pernah mendapatkan perilaku tidak sopan dari pelanggan.

Saat ini pekerjaan SPG sering kali diremehkan dan dicap negatif. Padahal pada kenyataannya menjadi SPG bukanlah hal yang buruk. Menjadi SPG juga membutuhkan keahlian khusus dan harus memiliki kesabaran yang lebih. Kadang SPG suka mendapatkan perilaku yang kurang menyenangkan dari pelanggan, dan harus menahan amarah sambil menahan lelah karena harus berdiri selama 8-12 jam. Dari pengalaman menjadi SPG, saya menjadi tahu apa saja yang diharapkan konsumen, bagaimana cara menarik minat konsumen, dan strategi apa saja yang dapat membuat konsumen untuk membeli.

Mungkin para SPG memiliki pengetahuan mengenai perilaku konsumen jauh lebih baik dari pemilik perusahaan karena SPG harus bersedia melayani konsumen dan kontak langsung dengan konsumen. Para SPG juga sangat membantu konsumen dalam memilih barang, karena adanya SPG di lapangan membuat konsumen dapat menanyakan langsung produk yang akan dibelinya dan meyakinkan diri agar tidak salah membeli barang.

SPG yang baik dapat menjadi konsultan bagi pelanggannya, terutama untuk masalah kesehatan dan keselamatan. SPG tidak selalu memaksakan produknya apabila produk tersebut membahayakan pelanggannya.

Saya juga menjadi lebih menghargai SPG karena pekerjaan tersebut tidaklah mudah dan sangat melelahkan. Kita dapat membantu SPG cukup dengan menerima sample yang ditawarkan atau sekedar mangambil brosur yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar