Kamis, 17 Mei 2012

Kampus A

Kampus A Universitas Gunadarma yang terletak di Kawasan Kenari Jakarta Pusat merupakan kampus yang disediakan untuk mahasiswa pasca sarjana dan tempat sidang untuk mahasiswa S1 ekonomi. Kampus tersebut memiliki fasilitas yang berbeda dengan kampus-kampus Gunadarma lainnya. Kampus A memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan lebih nyaman. Kampus tersebut memiliki delapan lantai yang setiap lantainya biasanya memiliki ruangan sebanyak dua buah.

Meskipun kampus Kenari memiliki fasilitas yang nyaman tetapi tidak dengan suasana di sana. Saya adalah salah satu mahasiswi S1 yang mengambil lokasi kuliah di Salemba. Karena perkuliahan S2 baru dimulai pukul 17.30 sehingga jadwal kuliah pagi (08.30-17.30) mahasiswa S1 Salemba juga memiliki jadwal di Kampus A. Kami mahasiswa S1 dapat belajar dengan menggunakan fasilitas S2 :D

Kampus A mungkin merupakan kampus tersepi di antara kampus Gunadarma yang lainnya. Sepertinya hal tersebut yang membuat suasana di Kampus A menjadi kurang bersahabat. Biasanya lantai yang digunakan untuk perkuliahan S1 adalah lantai 6, 7, dan 8. Lantai 1 merupakan sekretariat dosen dan lobby, lantai 2 perpustakaan, lantai 3 saya kurang tahu, lantai 4 ruang sidang, lantai 5 juga saya kurang tahu untuk apa, mungkin ruang kuliah juga. Biasanya selain lantai yang digunakan, lampunya tidak dinyalakan terutama lantai 4 yang biasanya ramai saat sidang saja. Tetapi yang membuat aneh, di awal perkuliahan tingkat 1, lift yang beroperasi sering berhenti di lantai 4 padahal lantai tersebut gelap dan tidak orang di sana.

Saat hari pertama kuliah di Kampus A, teman saya juga mengalami hal aneh di toilet wanita lantai 1. Saat itu teman saya sedang buang air dan melihat sesosok wanita dengan kaki yang sangat putih dan mulus keluar nyaris seperti melayang dari dalam toilet yang berada di sebelahnya, padahal sebelumnya toilet sebelah kosong dan teman saya hanya sendiri.

Semakin hari ada saja cerita yang tentang hal-hal aneh, seperti OB yang bercerita kalau ada yang menampakkan diri di lantai 6 karena ada dua orang mahasiswi yang bercanda sampai teriak-teriak. Ada juga tentang dosen yang mengajar sendirian di kelas. Menurut dosen tersebut beliau mengajar banyak mahasiswa, tetapi OB melihat dosen tersebut mengajar sendiri tanpa satu mahasiswa pun yang hadir.

Cerita lain berasal dari dosen saya sendiri, beliau mengajar saya sejak dari semester lalu sampai semester ini. Beliau mengajar mata kuliah Pengantar Teknologi Sistem Informasi Manajemen 1 dan 2. Beliau seorang wanita dan sangat takut apabila ditinggal sendiri di suatu lantai dan tidak pernah mau mengajar di lantai 8 apabila sudah agak sore meskipun jadwal yang sebenarnya di lantai 8. Beliau pasti minta turun ke lantai 7 dengan alasan lantai 8 kurang bersahabat menjelang sore hari. Setelah saya menanyakan langsung kepada beliau, ternyata beliau sering sekali diganggu oleh makhluk halus di gedung tersebut. Beliau paling sering ditimpuk dengan kapur atau penghapus papan tulis. Saya juga bingung kenapa ada kapur.

Awalnya saya tidak begitu menghiraukan cerita tersebut, tetapi sejak saya mendapat jadwal kuliah di lantai 8, saya menjadi percaya karena saya mengalami sendiri kejadian-kejadian aneh. Bukan hanya saya yang mengalami, tetapi semua teman-teman sekelas saya. Di awal perkuliahan di lantai 8, teman saya yang duduk di belakang mendengar kursi di belakangnya seperti di geser-geser dan diangkat.

Di lantai 8 terdapat 2 ruangan yaitu 801 dan 802. Saya menempati ruang 802 sedangkan 801 tidak ada yang menempati pada jadwal tersebut, setiap saya ada jadwal di 802, ruang 801 selalu gelap dan semua kursi tertata rapih. Saya bisa melihat karena semua pintu di setiap ruang setengahnya adalah kaca.

Saat perkuliahan akhir sebelum UTS semester lalu, di tengah perkuliahan kami sekelas mendengar ribut-ribut di ruang 801, suaranya seperti kursi dan meja yang dibanting dan digeser-geser. Kebetulan dosen yang mengajar saat itu adalah dosen wanita yang sering diganggu. Beliau langsung berhenti menjelaskan selama beberapa saat dan melanjutkan kembali dengan terburu-buru. Setelah perkuliahan selesai kami mengecek ruang 801, dan ternyata ruang tersebut masih terkunci, gelap, dan semua kursi tetap tertata rapih. Hal ini masih sering terjadi sampai saat ini.

Di awal semester lalu saya juga mendengar sendiri ada yang bernyanyi di ruang 801. Waktu itu saya d atang terlambat dan saya duduk di pojok tepat di bilik pembatas antara ruang 801 dan 802. Di tengah perkuliahan, saya mendengar ada seorang gadis yang sedang berdendang di ruang 801. Sejak saat itu, saya ga mau lagi duduk di pojok.

Belum lama ini, teman sekelas saya juga mengalami hal aneh. Saat itu perkuliahan dosen yang sering diganggu dipindahkan jadwalnya menjadi pagi, dan perkuliahan pun dilaksanakan di ruang asal yaitu 802. Setiap lantai terdapat 2 buah toilet, 1 toilet wanita dan 1 toilet pria. Tetapi tidak semua lantai toiletnya dibuka setiap hari, dan saya pun tidak pernah ke toilet lantai 8. Pada hari itu, temen sekelas saya laki-laki buang air di toilet wanita karena toilet prianya tidak dibuka. Pada saat dia menekan flusher ternyata air yang keluar berwarna merah, teman saya langsung kembali ke kelas secepat kilat.

Satu bulan yang lalu, saya dan teman-teman saya foto-foto di kelas karena pada hari itu ada teman saya yang berulang tahun dan ada yang membawa kamera digital. Beberapa minggu yang lalu, di saat teman saya yang memiliki kamera digital tersebut akan memindahkan gambar, dia melihat banyak sekali orbs pada banyak foto, saat itu kami foto di ruang 701. Untuk yang belum tahu, orbs merupakan sebuah fenomena munculnya lingkaran putih pada sebuah frame foto yang di indikasikan sebagai hadirnya sosok dari dunia lain ( baca; sosok gaib), bulatan bulatan pada frame foto tersebut terkadang muncul dalam jumlah banyak dan meninggalkan jejak.

Belakangan kami baru tahu dari seorang pemilik warteg sekitar kampus. Ternyata sebelum dibangun menjadi kampus, tempat tersebut pernah terjadi kebakaran.

Sumber: http://fadlyunik96.blogspot.com/2010/03/apa-itu-orbs.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar