Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Menghindari Kejahatan Di Angkutan Umum

Sebelum saya mengendarai motor sendiri ke kampus, saya selalu naik bus dan kereta menuju  kampus. Karena mahasiswa, saat itu saya naik kereta ekonomi yang tentunya sangat banyak bahaya yang mengancam. Bus yang saya tumpangi juga merupakan bus yang terkenal dengan copetnya, yaitu bus PPD jurusan Grogol-Kampung Melayu, karena memang bus tersebut melintasi jalur bisnis Jendral Sudirman, bus tersebut sangat penuh pada jam berangkat dan pulang kantor. Saking penuhnya, saya beberapa kali naik bus tersebut hanya satu kaki yang dapat masuk, badan saya hanya setengah yang bisa masuk sisanya di luar dan keadaan bus tersebut sudah miring. Karena sangat penuh sesak, para pelaku kriminal pun memanfaatkan keadaan ini denga maksimal. Berikut beberapa tips agar terhindar dari target kriminal tersebut:

1.      Jangan menggunakan perhiasan atau aksesoris yang mencolok
Apabila kita menggunakan perhiasan atau aksesoris yang mencolok, hal tersebut akan menarik perhatian pelaku kejahatan. Aksesoris yang biasa dipakai wanita juga dapat menarik perhatian, karena biasanya semakin modis seorang wanita, maka barang-barangnya pun biasanya mahal meskipun belum tentu. Tetapi hal ini menarik para pelaku kejahatan untuk menjadikan Anda sebagai target.

2.      Jangan sampai tertidur
Jangan pernah tidur di atas angkutan umum, karena ini akan membuat pelaku kejahatan semakin leluasa untuk mengambil barang-barang berharga milik Anda.

3.      Jangan pernah membiarkan tas, dompet, dan handphone di luar pengawasan
Agar lebih mudah memantau barang-barang berharga Anda, tempatkan barang-barang tersebut pada satu tempat, misalnya tas. Kemudian letakkan tas tersebut dihadapan Anda, jangan pernah meletakkan tas yang anda pakai di belakang punggung atau di samping seperti tas wanita. Cek keadaan tas Anda sesering mungkin dengan meraba bagian bawah dan sisi samping tas untuk mengetahui apakah ada sobekan atau tidak.

4.     Waspada terhadap orang yang tidur, membaca, atau menyibukkan diri lainnya di samping Anda
Hal ini pernah saya alami sendiri, pelaku pura-pura tidur, tetapi tangannya ternyata meraba-raba resleting tas saya. Apabila Anda menemukan orang seperti ini, terus perhatikan gerakan tangannya, apabila tangannya ‘hilang’ satu kemungkinan besar sedang melakukan tindakan kriminal. Tetap jangan lupa awasi barang bawaan Anda semaksimal mungkin, karena bisa saja orang tersebut hanya pengalih perhatian Anda, pelaku sebenarnya adalah temannya yang sama sekali tidak Anda curigai.

5.      Jangan pernah memainkan handphone, ipod, ipad, atau gedget berharga lainnya
Jangan pernah memainkan barang-barang tersebut di atas kendaraan umum, kecuali memang sangat penting dan mendesak. Terlebih lagi jika gedget Anda merupakan barang terbaru dengan harga yang mahal, hal ini akan membuat Anda menjadi target kejahatan.

6.      Waspadai orang yang berteriak “awas, ada copet di bus ini”
Berdasarkan pengalaman, orang yang berteriak tersebut adalah pelakunya. 

7.      Jangan pernah menatap mata orang yang menyentuh atau menabrak Anda
Biasanya, gerakan seperti itu bertujuan untuk membuat Anda menatap matanya dan menghipnotis Anda.

8.      Jangan melamun
Melamun membuat Anda lebih mudah untuk diperdaya atau dihipnotis.

Sekian beberapa tips untuk menghindari pelaku kejahatan di angkutan umum yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman dan beberapa cerita teman yang pernah menjadi korban. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar