Minggu, 13 Januari 2013

Tips Mendaki Gunung


Hiking merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi untuk masyarakat kota yang setiap hari selalu disuguhin kemacetan, kebisingan, dan polusi yang tinggi. Hiking merupakan pilihan yang tepat karena dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Saya punya beberapa tips yang semoga bermanfaat untuk pendakian pertama Anda :)
1.       Siapkan fisik dan mental
Point paling utama saat akan melakukan pendakian adalah persiapan fisik dan mental. Gunung bukanlah kota yang serba ada. Alam juga tidak membedakan gender. Udara yang dingin, kabut, jalur pendakian, atau hujan lebat tidak memandang pria atau wanita, siapapun harus melaluinya tanpa toleransi. Oleh karena itu, siapkan fisik dengan melakukan olah raga secara rutin agar tidak mudah lelah dan melatih pernapasan serta detak jantung.

2.       Hitung jumlah perbekalan sesuai kebutuhan
Hitunglah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh agar Anda tidak lemas dan mendapatkan asupan kalori yang cukup.

3.       Jangan membawa makanan snack angin
Hindari membawa snack yang tidak mengenyangkan seperti chiki. Anda akan lebih membutuhkan camilan seperti biskuit atau coklat karena dapat menggantikan kalori yang hilang pada saat pendakian.

4.       Usahakan membawa tempat air
Pada beberapa gunung sumber air hanya terdapat di beberapa titik saja sehingga harus membawa air sampai ke titik air berikutnya untuk persiapan Anda selama mendaki atau bahkan di camp.

5.       Jangan membawa pakaian ganti terlalu banyak
Membawa pakaian terlalu banyak akan memakan tempat pada carrier Anda dan menambah beban. Anda cukup membawa pakaian tidur, pakaian lapangan, dan pakaian ganti untuk pulang. Percayalah Anda tidak akan mengganti pakaian Anda sesering di rumah. Selain itu, bawalah pakaian yang cepat kering bila basah agar tidak menambah beban.

6.       Gunakan sepatu khusus mendaki
Kaki merupakan tumpuan utama. Jika kaki Anda terkilir atau luka tentu akan menghambat segalanya. Oleh karena itu gunakan sepatu yang tepat, pas, dan nyaman di kaki Anda. Usahakan menggunakan sepatu agar kaki terlindung dari ranting, serangga, atau batang pohon yang mungkin dapat melukai kaki Anda.

7.       Susun carrier dengan benar
Susunlah carrier dengan meletakkan beban yang ringan pada bagian bawah dan beban berat berada di paling atas atau pundak agar tidak mengganggu langkah Anda. Lapisi carrier Anda dengan plastik besar sebelum meletakkan barang agar tidak basah bila hujan.

8.       Bawalah senjata tajam untuk melindungi diri
Bawalah senjata tajam seperti golok untuk melindungi Anda dari binatang buas dan ranting pohon yang mungkin menghalangi. Ingat, senjata tajam hanya untuk melindungi diri bukan untuk merusak alam atau melakukan tindakan kriminal.

9.       Siapkan kamera
Jangan sia-siakan pengalaman berkesan Anda. Salah satu tujuan mendaki adalah untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Abadikan keindahan alam dengan kamera agar selalu ingat dengan keindahannya dengan turut menjaga kelestariannya.

10.   Masukkan semua barang ke dalam carrier
Jangan pernah membawa barang di luar carrier, misalnya dengan menenteng di tangan atau digantungkan di carrier. Hal tersebut akan mengganggu perjalanan Anda terutama dari segi keseimbangan. Tidak jarang Anda akan memegang sesuatu untuk menjaga keseimbangan, bawaan di tangan Anda tentu akan mengganggu.

11.   Letakkan barang penting di tempat yang mudah dijangkau
Jangan meletakkan barang penting seperti senter, dompet, atau jas hujan di tempat yang tersembunyi karena akan menyulitkan Anda apabila dibutuhkan dengan segera.

12.   Jangan meninggalkan sampah
Mari kita jaga alam kita dengan tidak meninggalkan sampah. Jangan hanya menikmati keindahannya saja, tapi kita juga punya kewajiban untuk menjaga kelestariannya. Oleh karena itu, siapkan kantung untuk membawa sampah Anda.

13.   Jangan mengambil apapun
Jangan pernah mengambil apapun kecuali gambar.  Biarkan mereka tetap hidup dan lestari di habitatnya.

14.   Jangan membunuh apapun
Janganlah membunuh apapun selain waktu. Baik tumbuhan atau hewan mereka memiliki hak untuk hidup dan untuk dijaga habitatnya.
Itulah beberapa tips untuk mendaki gunung yang dapat saya berikan. Jika terjadi kekliruan silahkan sampaikan melalui comment box yaa.. Selamat mendaki ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar