PERUSAHAAN DAGANG
PT Indomarco Prismatama (Indomaret)
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah menggunakan pendekatan psichographic (life style) “… masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern berdasarkan alasan kelengkapan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.”
Produk
Produk yang disajikan di Indomaret merupakan produk kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti makanan, minuman, sembako, alat-alat tulis, dsb. “Indomaret mengelola sekitar 4800 produk terdiri dari food, nonfood, general merchandise dan fresh product.”
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan oleh indomeret adalah dengan kegiatan promosi yang dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan fokus target pasarnya.
Beberapa strategi jangka pendek yang dijalankan oleh indomaret antara lain:
- “harga heboh” : promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk krbutuhan sehari-hari.
- “super hemat”: leaflet edisi dua mingguan yang mempromosikan produk=produk dengan harga hemat sebagai panduan bagi konsumen untuk belanja hemat.
- “promosi bulan ini”: promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga.
Untuk strategi jangka panjang, Indomaret menerapkan b erbagai program yang berkaitan dengan loyalitas konsumen serta pemebentukan komunitas.
PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Pepsodent
Segmentasi Pasar
Pepsodent mengelompokkan produknya berdasarkan usia, yaitu anak-anak dan dewasa. untuk anak-anak disesuaikan dengan rasa yang biasanya disukai oleh anak-anak dan mengandung mint yang lebih sedikit.
Produk
Pepsodent memproduksi produk pasta gigi, yang dibagi menjadi dua, yaitu untuk anak-anak dan dewasa. Untuk produk anak-anak antara lain: Kids, Gigi Susu Strawberry, dan Gigi Susu Orange. Untuk dewasa antara lain: Complete 12, Complete Care,Herbal, Sensitive, Whitening, White, Dan Pepsodent White Now. Untuk dewasa setiap jenis produk memiliki fungsi yang berbeda-beda ini menunjukkan bahwa pepsodent ingin memenuhi kebutuhan konsumen di setiap masalah gigi yang berbeda-beda.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pepsodent selain iklan melalui media massa elektronik dan cetak, pepsodent juga terjun langsung berhubungan dengan konsumen melalui kegiatan sosialisasi yang sangat baik, misalnya baru-baru ini pepsodent mengadakan acara Program Sekolah Pepsodent dan Pemeriksaan Gigi Gratis dan Kampanye Pepsodent Untuk Menyikat Gigi pada Malam Hari
PERUSAHAAN JASA
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar yang dilakukan oleh Telkom adalah berdasarkan demografi. Hal itu dapat kita lihat dari adanya layanan lokal, SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh), dan SLI (Sambungan Langsung Internasional) yang dikenakan tarif berbeda-beda di setiap layanannya.
Produk
Saat pertama kali berdiri PT Telekomunikasi Indonesia hanya menyediakan jasa komunikasi melalui media telepon saja, tetapi saat ini perusahaan tersebut telah mengembangkan produknya menjadi lebih lengkap lagi dalam dunia komunikasi seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, misalnya: telepon rumah tanpa kabel (flexi), akses internet (speedy), stasiun televisi berlangganan (Telkom Vision), dan masih banyak lagi.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan volume penjualan PT. Telkom adalah Strategi pengembangan produk flexi yaitu pengembangan sebuah produk untuk mengikuti perkembangan pasar guna memenuhi kebutuhan konsumen karena mengingat perkembangan teknologi pada jaman sekarang yang semakin maju, Strategi penetapan harga yaitu biaya komunikasi dengan menggunakan TelkomFlexi sangat hemat karena biaya pemakaiannya mengacu pada tariff telepon rumah, sedangkan pada produk lain atau pesaing penentuan tarifnya tidak mengacu pada telepon rumah Strategi promosi yaitu pemasaran produk dengan promosi, biasanya dilakukan melalui beberapa media above the line, below the line, bauran promosi, launching, Strategi distribusi hal ini berhubungan bagaimana penyampaian produk kepada konsumen.
Referensi:
http://indomaret.co.id
http://www.unilever.co.id/id/brands/personalcarebrands/pepsodent/index.aspx
http://www.telkom.co.id
http://eprints.undip.ac.id/8350/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar